Soal Matematika Kelas 7 Bilangan Bulat dan Kunci Jawaban Terlengkap

Artikel ini akan membahas Soal Matematika Kelas 7 Bilangan Bulat beserta kunci jawabannya. Bagian latihan-latihan dalam artikel ini akan membantu Anda meningkatkan pemahaman dan keterampilan matematika Anda pada topik ini.

Poin Kunci:

  • Artikel ini membahas soal matematika kelas 7 tentang bilangan bulat beserta kunci jawabannya.
  • Latihan-latihan dalam artikel ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan matematika Anda pada topik ini.
  • Terdiri dari berbagai soal latihan dan pembahasannya.
  • Bagian latihan soal dan jawaban matematika kelas 7 bilangan bulat lengkap dengan jawaban yang tepat.
  • Anda akan mempelajari langkah-langkah penyelesaian yang tepat dalam menjawab soal matematika kelas 7 tentang bilangan bulat.

Pengenalan tentang Bilangan Bulat

Bilangan bulat merupakan salah satu materi matematika kelas 7 yang harus dipahami dengan baik. Dalam materi ini, Anda akan mempelajari tentang bilangan bulat dan operasi matematika dasar yang melibatkan bilangan bulat.

Secara umum, bilangan bulat adalah bilangan utuh yang positif, nol, atau negatif. Bilangan bulat dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya pada suhu udara atau pada posisi di sebuah garis bilangan.

Dalam operasi matematika, bilangan bulat memiliki aturan-aturan yang perlu dipahami dengan baik agar tidak terjadi kesalahan dalam menjalankan operasi tersebut. Misalnya, ketika mengalikan dua bilangan bulat yang negatif, hasilnya menjadi positif. Namun, ketika membagi dua bilangan bulat yang negatif, hasilnya tetap negatif.

Oleh karena itu, penting untuk memahami sifat-sifat bilangan bulat dan aturan-aturan operasi matematika yang melibatkan bilangan bulat. Dengan memahami konsep ini, Anda akan lebih mudah dalam menyelesaikan soal-soal matematika kelas 7 yang berkaitan dengan bilangan bulat.

Latihan Soal Matematika Kelas 7 Bilangan Bulat

Untuk memahami konsep bilangan bulat dengan baik, Anda memerlukan latihan-latihan matematika yang tepat. Kami telah menyiapkan serangkaian contoh soal matematika kelas 7 yang berkaitan dengan bilangan bulat, untuk membantu meningkatkan pemahaman Anda tentang topik ini.

No.Soal
1Pada thermometer, suhu udara menunjukkan angka 5 derajat Celsius. Setelah suhu udara turun sebesar 9 derajat Celsius, thermometer menunjukkan angka berapa?
2Jumlah 2 bilangan bulat positif adalah 17 dan selisih keduanya adalah 3. Tentukan kedua bilangan bulat tersebut.
3Hasil pengurangan (- 6) – (- 8) adalah…
4Hitunglah nilai dari (-3 – 2) + 8 – (-5) + 4
5Jika bilangan bulat x memenuhi x – 5 = – 8, maka nilai x adalah…

Itulah beberapa contoh soal matematika kelas 7 yang berkaitan dengan bilangan bulat. Mari latihan pemahaman Anda melalui berbagai latihan soal ini.

Pembahasan Soal Matematika Kelas 7 Bilangan Bulat

Untuk membantu meningkatkan pemahaman Anda tentang bilangan bulat, berikut adalah pembahasan lengkap dari setiap soal matematika kelas 7 yang berkaitan dengan topik ini:

No.SoalKunci JawabanPembahasan
1Hitunglah nilai dari (-7) + (-12)-19Operasi penjumlahan bilangan bulat dengan tanda negatif yang sama, maka jumlahnya dihitung, dan dituliskan tanda negatif (-) pada awalnya.
(-7) + (-12) = -19
2Hitunglah nilai dari (-3) x 9-27Operasi perkalian bilangan bulat dengan tanda berbeda, maka hasilnya negatif.
(-3) x 9 = -27
3Hitunglah nilai dari 18 : (-3)-6Operasi pembagian bilangan bulat dengan tanda berbeda, maka hasilnya negatif.
18 : (-3) = -6

Dengan mempelajari dan memahami pembahasan di atas, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang konsep-konsep yang terlibat dalam matematika kelas 7 tentang bilangan bulat. Jika masih merasa kesulitan, jangan ragu untuk mencari bantuan dari guru atau teman sekelas Anda.

Latihan Soal dan Jawaban Matematika Kelas 7 Bilangan Bulat

Latihan soal matematika kelas 7 bilangan bulat adalah cara terbaik untuk menguji pemahaman Anda tentang materi ini. Berikut adalah beberapa contoh soal matematika kelas 7 yang berkaitan dengan bilangan bulat beserta kunci jawabannya:

Nomor SoalSoalJawaban
1Hitunglah 8 – (-3)!11
2Jika x = -4 dan y = 7, maka berapakah nilai dari -2x + 3y?22
3Hitunglah (-9) x (-6)!54432
4Hitunglah nilai dari -7 – (-2) x (-4) + 1-8

Lakukan latihan soal matematika kelas Tujuh bilangan bulat ini untuk membantu meningkatkan keahlian matematika Anda dan memperdalam pemahaman Anda tentang materi ini. Jangan lupa untuk mempelajari kunci jawaban setelah menyelesaikan setiap soal, sehingga Anda dapat mengevaluasi hasil kerja Anda dan belajar dari kesalahan Anda.

Soal Matematika Kelas 7 Semester 1 Bilangan Bulat

Bagian ini akan membahas soal matematika kelas 7 yang berkaitan dengan bilangan bulat dan muncul di semester 1. Latihan-latihan ini akan membantu Anda mempersiapkan diri menghadapi ujian semester dan meningkatkan pemahaman Anda tentang konsep bilangan bulat.

Contoh Soal Matematika Kelas 7 Semester 1 Bilangan Bulat

Berikut adalah contoh soal matematika kelas 7 semester 1 tentang bilangan bulat:

No.SoalJawaban
17 – (-5) = …12
212 – 8 – 5 + 3 = …2
325 – (-7) + 13 = …45
437 + (-21) – 18 = …-2

Latihan soal ini akan membantu Anda memperdalam pemahaman Anda tentang operasi matematika dasar yang melibatkan bilangan bulat.

Pembahasan Soal Matematika Kelas 7 Semester 1 Bilangan Bulat

Berikut adalah pembahasan lengkap dari contoh soal matematika kelas 7 semester 1 tentang bilangan bulat:

  1. 7 – (-5) = 7 + 5 = 12
  2. 12 – 8 – 5 + 3 = 2
  3. 25 – (-7) + 13 = 45
  4. 37 + (-21) – 18 = -2

Dengan melihat langkah-langkah penyelesaiannya, Anda dapat memahami bagaimana menghitung operasi matematika dasar yang melibatkan bilangan bulat dengan mudah dan tepat.

Latihan soal dan pembahasan ini akan memberikan keuntungan bagi Anda dalam menghadapi ujian semester dan meningkatkan keterampilan matematika Anda.

Soal Pangkat dan Akar Kelas 7 Bilangan Bulat

Bagian terakhir dari artikel ini akan membahas soal matematika kelas 7 yang berkaitan dengan pangkat dan akar bilangan bulat. Soal-soal ini bisa menjadi latihan tambahan yang bermanfaat untuk memperkaya pemahaman Anda tentang bilangan bulat.

Pengertian Pangkat dan Akar Bilangan Bulat

Sebelum masuk ke soal, Anda perlu memahami terlebih dahulu pengertian pangkat dan akar bilangan bulat. Pangkat adalah operasi matematika yang menggambarkan bilangan yang diulang kali dirinya sendiri. Contohnya, 2 pangkat 3 adalah 2 x 2 x 2 = 8. Sedangkan akar adalah operasi matematika yang menggambarkan bilangan yang jika dipangkatkan dengan suatu bilangan, menghasilkan bilangan asli tersebut. Contohnya, akar kuadrat dari 36 adalah 6, karena 6 pangkat 2 sama dengan 36.

Latihan Soal Matematika Kelas 7 Pangkat dan Akar Bilangan Bulat

Berikut ini adalah beberapa contoh soal matematika kelas 7 tentang pangkat dan akar bilangan bulat:

  1. Hitunglah 2 pangkat 4!
  2. Hitunglah akar kuadrat dari 49!
  3. Jika 2 pangkat x = 16, maka nilai x adalah …
  4. Jika akar pangkat 3 dari x sama dengan 5, maka nilai x adalah …
  5. Hitunglah 10 pangkat 0!

Kunci Jawaban Soal Matematika Kelas 7 Pangkat dan Akar Bilangan Bulat

Untuk memastikan pemahaman Anda tentang pangkat dan akar bilangan bulat, berikut jawaban dari latihan soal di atas:

  1. 2 pangkat 4 = 2 x 2 x 2 x 2 = 16
  2. Akar kuadrat dari 49 = 7
  3. 2 pangkat 4 = 16, maka x = 4
  4. Jika akar pangkat 3 dari x sama dengan 5, maka x = 125
  5. 10 pangkat 0 = 1

Dengan berlatih soal-soal ini dan mengetahui kunci jawabannya, diharapkan Anda dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan matematika Anda dalam mengoperasikan bilangan bulat.