Latihan Contoh Soal Garis dan Sudut Kelas Tujuh Semester 2 SMP

Artikel ini berisi serangkaian latihan contoh soal yang berkaitan dengan materi garis dan sudut untuk kelas 7 semester 2 SMP. Dalam latihan ini, Anda akan memperkuat pemahaman Anda tentang konsep garis dan sudut, serta membantu Anda mempersiapkan diri untuk ulangan.

Latihan soal ini mencakup berbagai jenis soal, termasuk soal cerita garis dan sudut, dan latihan soal untuk menghitung sudut pada gambar yang diberikan. Anda juga akan menemukan kunci jawaban dan pembahasan lengkap untuk setiap latihan soal.

Dengan mengikuti latihan Soal Garis dan Sudut Kelas Tujuh ini, Anda dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan menerapkan konsep yang telah Anda pelajari dalam materi garis dan sudut kelas 7 semester 2 SMP.

Bagi Anda yang sedang mencari materi garis dan sudut kelas 7 semester 2 SMP, artikel ini juga akan memberikan banyak informasi seputar konsep dasar garis dan sudut, jenis-jenis sudut, serta sifat-sifat sudut dalam garis dan sudut.

Dengan segala kelebihan yang ditawarkan, artikel ini memberikan banyak manfaat dengan menjadi referensi Anda di dalam menguasai garis dan sudut kelas 7 semester 2 SMP.

Konsep Dasar Garis dan Sudut

Pada bagian ini, kami akan menjelaskan konsep dasar mengenai garis dan sudut. Pertama-tama, garis memiliki definisi sebagai suatu himpunan titik-titik yang terus menerus, sedangkan sudut merupakan pembentukan dua garis yang saling berpotongan di suatu titik.

Selain itu, ada beberapa sifat-sifat yang terkait dengan garis dan sudut, di antaranya:

  • Garis memiliki panjang dan arah yang dapat diukur.
  • Sudut memiliki ukuran yang dapat diukur dalam satuan derajat atau radian.
  • Ada tiga jenis sudut berdasarkan besarnya, yaitu sudut lancip, sudut tumpul, dan sudut siku-siku.

Untuk memperdalam pemahaman Anda tentang garis dan sudut, Anda akan diberikan contoh soal ulangan beserta kunci jawaban yang lengkap. Anda juga akan mempelajari rumus-rumus yang diperlukan untuk menghitung sudut pada garis dan sudut. Berikut contoh Soal Garis dan Sudut Kelas Tujuh semester 2:

No.SoalKunci Jawaban
1Jika sudut ABD = 120° dan sudut CBD = 20°, maka sudut ABC = ?40°
2Berapa besar sudut antara jarum jam pada jam 3:20?110°

Pada bagian selanjutnya, Anda akan mempelajari lebih lanjut mengenai jenis-jenis sudut.

Jenis-Jenis Sudut

Pada bagian ini, Anda akan mempelajari berbagai jenis sudut yang berkaitan dengan garis dan sudut pada kelas 7 semester 2 SMP. Sudut merupakan perpotongan dari dua garis yang memiliki sudut sehingga membentuk sebuah keliling. Pada umumnya, sudut dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Sudut Lancip
  • Sudut Tumpul
  • Sudut Siku-Siku

Sudut Lancip adalah sudut yang lebih kecil dari 90 derajat. Contohnya, sudut AOB pada gambar di bawah ini:

GambarKeterangan
Sudut Lancip.

Sudut Tumpul adalah sudut yang lebih besar dari 90 derajat tetapi kurang dari 180 derajat. Contohnya, sudut BOC pada gambar di bawah ini:

GambarKeterangan
Sudut Tumpul.

Sudut Siku-Siku adalah sudut yang sama dengan 90 derajat. Contohnya, sudut AOC pada gambar di bawah ini:

GambarKeterangan
Sudut Siku-Siku.

Pemahaman tentang jenis-jenis sudut merupakan hal penting dalam mempelajari garis dan sudut pada kelas 7 semester 2 SMP. Pada bagian selanjutnya, Anda akan diajarkan sifat-sifat sudut dalam garis dan sudut yang akan memperkuat pemahaman Anda tentang konsep garis dan sudut.

Sifat-Sifat Sudut dalam Garis dan Sudut

Pada bagian ini, kami akan membahas sifat-sifat sudut dalam garis dan sudut untuk membantu Anda memperdalam pemahaman konsep ini. Berikut beberapa sifat sudut yang akan kami bahas:

Sudut Sejajar

Sudut sejajar adalah sudut yang posisinya sejajar, memiliki satu titik miring dan satu titik lurus. Berikut adalah contoh soal garis dan sudut untuk sudut sejajar:

No.SoalJawaban
1Berapakah besar sudut x pada gambar berikut ini?
(Gambar terdiri dari beberapa garis sejajar dan x mengacu pada salah satu sudut sejajar)
60 derajat
2Jika sudut a sejajar dengan sudut b, dan ukuran sudut a adalah 80 derajat, maka berapakah ukuran sudut b?80 derajat

Sudut Berhadapan

Sudut berhadapan adalah sudut yang posisinya saling berhadapan dalam bentuk huruf ‘V’. Berikut adalah contoh soal garis dan sudut untuk sudut berhadapan:

No.SoalJawaban
1Berapakah besar sudut ABC pada gambar berikut ini?
(Gambar terdiri dari dua garis berhadapan dan sudut ABC mengacu pada sudut berhadapan tersebut)
50 derajat
2Sudut a dan b adalah sudut-sudut berhadapan. Jika sudut a berukuran 120 derajat, berapakah ukuran sudut b?120 derajat

Sudut Berimpit

Sudut berimpit adalah sudut yang posisinya berimpit atau saling menyentuh. Berikut adalah contoh soal garis dan sudut untuk sudut berimpit:

No.SoalJawaban
1Berapakah besar sudut ABD pada gambar berikut ini?
(Gambar terdiri dari tiga garis yang membentuk sudut-sudut berimpit dan sudut ABD mengacu pada salah satu sudut berimpit tersebut)
60 derajat
2Sudut a dan b adalah sudut-sudut berimpit. Jika sudut a berukuran 100 derajat, berapakah ukuran sudut b?80 derajat

Sudut Dalam Kelompok Sudut pada Bentuk Lain

Sudut dalam kelompok sudut pada bentuk lain adalah sudut yang terdapat dalam suatu bentuk dan berada di dalam kelompok sudut lainnya. Berikut adalah contoh soal garis dan sudut untuk sudut dalam kelompok sudut pada bentuk lain:

No.SoalJawaban
1Berapakah besar sudut CED pada gambar berikut ini?
(Gambar terdiri dari beberapa garis dan sebuah bentuk yang memiliki banyak sudut)
35 derajat
2Berapakah jumlah total sudut pada gambar berikut ini?
(Gambar terdiri dari berbagai bentuk dan garis yang membentuk sudut-sudut)
12

Dengan mengetahui sifat-sifat sudut dalam garis dan sudut, kini Anda dapat memahami konsep ini dengan lebih baik. Jangan lupa untuk berlatih dengan contoh Soal Garis dan Sudut Kelas Tujuh semester 2 beserta pembahasan yang kami sediakan pada bagian sebelumnya. Selamat belajar!

Latihan Soal Garis dan Sudut

Berikut adalah latihan Soal Garis dan Sudut Kelas Tujuh semester 2 SMP.

Latihan Soal Cerita

  1. Sebuah garis AB dan CD saling berhimpit. Jika sudut antara AB dan CD adalah 70°, maka sudut antara BC dan DA adalah berapa derajat?
  2. Sebuah segitiga ABC memiliki sudut A sebesar 50°, sudut B sebesar 70° dan sudut C sebesar _____ derajat.
  3. Sebuah segi empat ABCD memiliki sudut B sebesar 60°, sudut C sebesar 90° dan sudut A sebesar _____ derajat. Berapa besar sudut D?