Hitung Hasil Pembagian Pecahan Berikut – Rumus dan Contoh Soal

Pembagian pecahan mungkin terdengar sulit, tetapi sebenarnya tidak serumit yang dibayangkan. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menghitung hasil pembagian pecahan menggunakan rumus yang mudah diingat. Selain itu, kami akan memberikan contoh soal dan latihan soal untuk memperkuat pemahaman Anda tentang pembagian pecahan.

Dalam matematika, pembagian adalah salah satu operasi dasar, sama seperti penjumlahan, pengurangan, dan perkalian. Artinya, pembagian pecahan adalah cara untuk membagi bagian dari keseluruhan. Dalam pembagian pecahan, pecahan yang dibagi disebut sebagai pecahan pembilang, sedangkan pecahan yang membagi disebut sebagai pecahan penyebut. Semakin banyak pecahan penyebut, semakin kecil pecahan yang dihasilkan.

Apa itu Operasi Pembagian Pecahan?

Operasi pembagian pecahan adalah salah satu operasi aritmetika dasar yang digunakan untuk membagi bilangan pecahan. Pecahan yang dibagi disebut sebagai pembilang dan yang membagi disebut penyebut. Hasil dari pembagian dua pecahan adalah pecahan lain.

Rumus dasar untuk pembagian pecahan adalah:

RumusKeterangan
a/b : c/d = (a/b) x (d/c)a/b dan c/d adalah dua pecahan yang ingin dibagi.
(a/b) x (d/c) adalah hasil dari pembagian kedua pecahan.

Jadi, untuk membagi dua pecahan, kita perlu mengalikan pecahan pertama dengan nilai kebalikan dari pecahan kedua.

Apa itu Operasi Pembagian Pecahan?

Operasi pembagian pecahan adalah dasar yang digunakan dalam matematika. Dalam operasi ini, sebuah bilangan pecahan dibagi dengan bilangan pecahan lain untuk mendapatkan hasil pecahan lain.

Untuk melakukan operasi pembagian pecahan, kita perlu membagi pembilang dengan penyebut. Hasil dari pembagian dua pecahan adalah pecahan lain.

Rumus dasar untuk pembagian pecahan adalah a/b : c/d = (a/b) x (d/c). Untuk membagi dua pecahan, kita perlu mengalikan pecahan pertama dengan nilai kebalikan dari pecahan kedua.

Cara Membagi Pecahan dengan Rumus

Operasi pembagian pecahan dilakukan dengan mengalikan pecahan pertama dengan kebalikan atau kebalikan pemecahan dari pecahan kedua. Keadaan ini dapat dirumuskan sebagai berikut:

Pembagian pecahan = Pecahan pertama x Kebalikan atau kebalikan pecahan kedua

Sebelum membagi pecahan, pastikan bahwa pecahan tersebut dalam bentuk yang paling sederhana. Untuk pecahan campuran, ubah menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Ubah pecahan kedua menjadi kebalikan (pembalik)nya. Caranya dengan menukar pembilang dengan penyebut dan penyebut dengan pembilang.
  2. Kalikan pecahan pertama dengan kebalikan (pembalik) dari pecahan kedua.
  3. Sederhanakan pecahan hasil kali dengan membagi pembilang dan penyebut dengan faktor persekutuan terbesar (FPB).

Berikut adalah contoh perhitungan pembagian pecahan:

Pecahan PertamaPecahan KeduaHasil Pembagian
3/4:2/3=9/8
Keterangan:
Pembalik dari 2/3 adalah 3/2
3/4x3/2=9/8
Selanjutnya, sederhanakan pecahan:
9/8:1/8=9

Saat melakukan perhitungan pembagian pecahan, pastikan untuk selalu menyederhanakan pecahan menjadi bentuk yang paling sederhana. Ingatlah untuk mengikuti langkah-langkah secara berurutan untuk memperoleh hasil yang benar.

Contoh Soal Pembagian Pecahan

Berikut adalah beberapa contoh soal pembagian pecahan:

Contoh SoalJawaban
10/3 ÷ 2/525/3
7/8 ÷ 2/321/16
2 1/4 ÷ 1/24 1/2
3 2/5 ÷ 1 1/42 37/100

Dalam contoh soal pertama, kita perlu mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa dan kemudian membalikkan pecahan yang menjadi penyebut dalam pembagian. Maka, rumus pembagian pecahan yang digunakan adalah: a/b ÷ c/d = a/b x d/c. Dalam hal ini, 10/3 ÷ 2/5 = (10/3) x (5/2) = 25/3.

Dalam contoh soal kedua, kita perlu mengubah pecahan biasa menjadi pecahan berbentuk penyebut yang sama. Maka, rumus pembagian pecahan yang digunakan adalah: a/b ÷ c/d = a/b x d/c. Dalam hal ini, 7/8 ÷ 2/3 = (7/8) x (3/2) = 21/16.

Dalam contoh soal ketiga, kita perlu mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa dan kemudian membalikkan pecahan yang menjadi penyebut dalam pembagian. Maka, rumus pembagian pecahan yang digunakan adalah: a/b ÷ c/d = a/b x d/c. Dalam hal ini, 2 1/4 ÷ 1/2 = (9/4) x 2 = 4 1/2.

Dalam contoh soal keempat, kita perlu mengubah kedua pecahan campuran menjadi pecahan biasa dan kemudian membalikkan pecahan yang menjadi penyebut dalam pembagian. Maka, rumus pembagian pecahan yang digunakan adalah: a/b ÷ c/d = a/b x d/c. Dalam hal ini, 3 2/5 ÷ 1 1/4 = (17/5) x (4/5) = 34/25 = 2 37/100.

Latihan Soal Pembagian Pecahan

Berikut adalah beberapa contoh latihan soal pembagian pecahan yang dapat membantu Anda berlatih teknik membagi pecahan:

No.SoalJawaban
1Bagikan 3/4 dengan 2/3.1 1/2
2Bagikan 2/5 dengan 1/2.4/5
3Bagikan 1 1/2 dengan 3/4.2

Untuk menguasai teknik membagi pecahan, cobalah untuk memecahkan lebih banyak latihan soal. Anda juga dapat membagi pecahan biasa dan pecahan campuran untuk melatih kemampuan Anda dalam membagi berbagai jenis pecahan.

  • Cobalah untuk memecahkan 2/3 ÷ 3/5.
  • Cobalah untuk memecahkan 3 1/2 ÷ 1 1/4.
  • Cobalah untuk memecahkan 5/6 ÷ 2/3.

Jangan ragu untuk mencoba latihan soal yang lebih sulit setelah Anda merasa nyaman dengan teknik membagi pecahan. Dengan berlatih secara teratur, Anda akan lebih mahir dalam memecahkan berbagai jenis pecahan.

Cara Menghitung Pembagian Pecahan dengan Baik

Pembagian pecahan adalah salah satu operasi matematika dasar yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk melakukan operasi ini dengan baik, penting untuk memahami rumusnya dan memiliki cukup latihan.

Rumus Pembagian Pecahan

Rumus pembagian pecahan sangatlah sederhana. Untuk membagi pecahan A dengan pecahan B, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Pertama-tama, pecahan B harus diubah menjadi pecahan yang terbalik. Artinya, jika B = c/d, maka pecahan yang terbalik adalah d/c.

Selanjutnya, pecahan A dikalikan dengan pecahan yang terbalik dari B:

A x (d/c) = Ad/c

Jadi, hasil pembagian pecahan A/B adalah pecahan Ad/c.

Contoh Soal Pembagian Pecahan

Berikut adalah contoh soal pembagian pecahan:

1. Bagikan 3/4 dengan 1/2.

Langkah pertama adalah mengubah pecahan pembagi menjadi pecahan yang terbalik, yaitu 2/1. Selanjutnya, kita dapat mengalikan 3/4 dengan 2/1:

3/4 x 2/1 = 6/4 = 1 2/4

Jadi, hasil pembagian 3/4 dengan 1/2 adalah 1 2/4.

2. Bagikan 7/8 dengan 2.

Langkah pertama adalah mengubah 2 menjadi pecahan dengan penyebut 1, yaitu 2/1. Selanjutnya, kita dapat mengalikan 7/8 dengan 1/2:

7/8 x 1/2 = 7/16

Jadi, hasil pembagian 7/8 dengan 2 adalah 7/16.

Latihan Soal Pembagian Pecahan

Untuk lebih memahami pembagian pecahan, cobalah selesaikan latihan soal berikut:

1. Bagikan 2/3 dengan 3/4.

2. Bagikan 5/6 dengan 4/5.

3. Bagikan 1/2 dengan 2/3.

Gunakan teknik yang sudah dipelajari untuk menyelesaikan soal-soal tersebut.

Kesimpulan

Dengan memahami rumus dan memiliki cukup latihan, pembagian pecahan dapat diselesaikan dengan mudah. Ingatlah untuk mengubah pecahan pembagi menjadi pecahan yang terbalik dan mengalikan pecahan A dengan pecahan terbalik dari pecahan B. Dengan begitu, Anda akan dapat menyelesaikan soal pembagian pecahan dengan baik.

Originally posted 2023-06-20 07:03:59.