Menghitung Luas Lingkaran Mempunyai Keliling 44 cm

Selamat datang di artikel ini yang membahas tentang cara menghitung luas lingkaran jika diketahui kelilingnya. Dalam kasus ini, sebuah lingkaran mempunyai keliling 44 cm dan tujuannya adalah untuk mencari luas lingkaran tersebut. Dalam artikel ini, kami akan memberikan langkah-langkah solusi untuk menghitung luas dari lingkaran tersebut.

Mengetahui cara hitung luas lingkaran sangat penting dan berguna dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam bidang matematika dan fisika. Oleh karena itu, mari kita pelajari cara menghitung luas lingkaran dalam kasus ini.

Rumus Luas Lingkaran

Untuk menghitung luas lingkaran, kita perlu mengetahui rumus yang digunakan. Rumus untuk hitung luas lingkaran adalah:

Rumus:A = πr²

Di mana:

  • A adalah luas lingkaran
  • r adalah jari-jari lingkaran
  • π (pi) adalah konstanta yang bernilai 3.14 atau 22/7

Jadi, untuk menghitung luas lingkaran, kita hanya perlu mengalikan nilai pi dengan jari-jari (yang harus dikuadratkan). Namun, bagaimana cara mengetahui nilai jari-jari lingkaran jika hanya diketahui kelilingnya?

Menghitung Jari-Jari Lingkaran

Setelah mengetahui rumus luas lingkaran, langkah selanjutnya untuk hitung luas lingkaran adalah mencari nilai jari-jari. Untuk mencari jari-jari lingkaran yang memiliki keliling 44 cm, dapat menggunakan rumus keliling lingkaran terlebih dahulu, yaitu:

Rumus Keliling Lingkaran:C = 2πr

Diketahui keliling lingkaran = 44 cm, maka:

C =2πr
44 cm =2πr
r =44 cm / (2π)
r =7 cm

Jadi, jari-jari lingkaran yang mempunyai keliling 44 cm adalah 7 cm. Langkah berikutnya adalah menghitung luas lingkaran menggunakan rumus:

Rumus Luas Lingkaran:A = πr²

Dengan jari-jari r = 7 cm, maka:

A =π(7 cm)²
A =49π cm²

Jadi, luas lingkaran yang mempunyai keliling 44 cm adalah 49π cm².

Menghitung Luas Lingkaran

Setelah mengetahui jari-jari lingkaran, selanjutnya kita dapat menghitung luas lingkaran dengan formula A = πr². Dalam kasus ini, jari-jari lingkaran kita telah didapatkan dari perhitungan sebelumnya, yaitu r = 7 cm.

Oleh karena itu, kita dapat hitung luas lingkaran dengan substitusi nilai r ke dalam formula:

LangkahRumusSubstitusi NilaiHasil
1A = πr²A = π(7)²
2A = π x 49
3A = 153.94 cm²(rounded to two decimal places)

Jadi, luas lingkaran dengan keliling 44 cm adalah 153.94 cm².

Contoh Soal dan Pembahasan

Berikut ini adalah contoh soal menghitung luas sebuah lingkaran yang mempunyai keliling sebesar 44 cm:

KeteranganRumusNilai
Keliling Lingkaran (C)C = 2πr44 cm
Jari-jari Lingkaran (r)r = C/2πr = 7 cm
Luas Lingkaran (A)A = πr²A = 154 cm²

Berdasarkan tabel di atas, dapat diketahui bahwa luas lingkaran tersebut adalah 154 cm².

Untuk menghitungnya, pertama-tama kita harus mencari jari-jari lingkaran terlebih dahulu. Diketahui bahwa keliling lingkaran adalah 44 cm, maka dapat dicari nilai jari-jari lingkaran dengan mengggunakan rumus keliling lingkaran. Dengan demikian, diperoleh:

r = C/2π = 44/2π = 7 cm

Selanjutnya, gunakan rumus luas lingkaran untuk menghitung luasnya. Dengan nilai jari-jari yang telah ditemukan, diperoleh:

A = πr² = π×7² = 154 cm²

Jadi, luas lingkaran tersebut adalah 154 cm².

Kesimpulan

Menghitung luas lingkaran ketika diketahui kelilingnya adalah hal yang penting untuk dipahami. Dalam artikel ini, kami telah membahas cara hitung luas lingkaran yang memiliki keliling 44 cm. Pertama, kami menjelaskan rumus untuk menghitung luas lingkaran yaitu A = πr². Kemudian, kami menjelaskan cara untuk mencari jari-jari lingkaran dengan menggunakan rumus C = 2πr dan menyelesaikan persamaan tersebut untuk mencari nilai jari-jari. Setelah itu, kami menampilkan cara hitung luas lingkaran dengan memasukkan nilai jari-jari yang sudah ditemukan ke dalam rumus A = πr². Kami juga memberikan contoh soal dan pembahasan untuk membantu memperjelas konsep tersebut.

Memahami cara menghitung luas lingkaran ketika diketahui kelilingnya akan membantu dalam berbagai masalah matematis dan ilmiah, seperti dalam perhitungan bidang geometri atau fisika. Dengan berlatih dan memahami rumus yang sudah dijelaskan di atas, pembaca dapat menghitung luas lingkaran dengan mudah dan akurat.

Dalam artikel ini, telah dijelaskan bagaimana menghitung luas lingkaran yang kelilingnya adalah 44 cm. Pertama-tama, rumus untuk hitung luas lingkaran yaitu A = πr² telah dijelaskan, dan kemudian cara untuk mencari jari-jari lingkaran dengan menggunakan rumus keliling C = 2πr. Setelah itu, dilakukan penghitungan untuk mendapatkan nilai jari-jari lingkaran dan selanjutnya diaplikasikan pada rumus luas lingkaran untuk menghitung luasnya.

Penting untuk diketahui bahwa kemampuan untuk hitung luas lingkaran merupakan keterampilan yang penting dalam matematika, dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti perhitungan luasan tanah atau perencanaan pembangunan bangunan berbentuk lingkaran. Oleh karena itu, diharapkan pembaca dapat mempraktekkan perhitungan serupa untuk meningkatkan pemahaman tentang topik ini.

Originally posted 2023-08-03 09:00:00.