Menghitung Jari-Jari Lingkaran Mempunyai Keliling 628cm

Bagian ini akan menjelaskan rumus untuk Menghitung Jari-Jari Lingkaran dan konsep dasar mengenai lingkaran. Sebuah lingkaran adalah bentuk geometri yang memiliki sifat-sifat unik, salah satu di antaranya adalah memiliki keliling yang dapat dihitung dengan menggunakan rumus tertentu. Untuk menghitung keliling lingkaran, digunakan rumus keliling lingkaran yang dinyatakan dalam persamaan: Keliling Lingkaran = 2πr, di mana r adalah jari-jari lingkaran, dan π (Pi) adalah konstanta matematika yang nilainya sekitar 3,14.

Dalam bagian selanjutnya, akan dijelaskan konsep dasar lingkaran, termasuk cara mencari nilai jari-jari lingkaran jika diketahui kelilingnya.

Konsep Dasar Lingkaran

Lingkaran adalah sebuah bangun datar yang dibentuk oleh himpunan semua titik yang memiliki jarak sama dari suatu titik tertentu yang disebut pusat lingkaran. Dalam matematika, lingkaran merupakan salah satu bentuk geometri dasar yang sering digunakan dalam berbagai perhitungan. Salah satu parameter penting dalam lingkaran adalah keliling, yaitu panjang garis lengkung pada lingkaran.

Rumus keliling lingkaran adalah 2πr, di mana r adalah jari-jari lingkaran. Jari-jari lingkaran adalah jarak dari pusat lingkaran ke titik di sekeliling lingkaran.

Jika sebuah lingkaran memiliki keliling sebesar 628 cm, maka kita dapat mencari nilai jari-jari lingkaran tersebut dengan menggunakan formula:

keliling = 2πr

di mana:

SimbolKeterangan
kelilingpanjang garis lengkung pada lingkaran (dalam cm)
πkonstanta pi (sekitar 3,14)
rjari-jari lingkaran (dalam cm)

Dari rumus di atas, kita dapat mencari nilai r dengan cara:

  1. Memasukkan nilai keliling dan π ke dalam rumus: 628 = 2πr
  2. Memecahkan persamaan untuk mencari nilai r: r = 628/(2π)

Sehingga, nilai jari-jari lingkaran tersebut adalah r ≈ 99.97 cm. Dengan demikian, konsep dasar lingkaran dan rumus keliling lingkaran dapat digunakan untuk menghitung nilai jari-jari lingkaran jika diketahui kelilingnya.

Rumus Keliling Lingkaran

Sebelum membahas cara menghitung jari-jari lingkaran dari keliling 628 cm, kita perlu memahami rumus keliling lingkaran terlebih dahulu. Rumus tersebut adalah:

Rumus Keliling LingkaranKeterangan
Keliling Lingkaran = 2πrKeliling lingkaran sama dengan dua kali π dikali jari-jari lingkaran.

Di mana:

  • Keliling Lingkaran adalah panjang garis lengkung yang membentuk lingkaran.
  • π (pi) adalah konstanta matematika yang nilainya sekitar 3,14 atau 22/7.
  • jari-jari (r) adalah jarak dari titik pusat lingkaran ke titik tepi lingkaran.

Dari rumus keliling lingkaran di atas, kita dapat mencari nilai jari-jari lingkaran jika diketahui kelilingnya atau sebaliknya. Selanjutnya, kita akan membahas cara-cara tersebut secara lebih detail.

Menghitung Jari-Jari Lingkaran dari Keliling 628cm

Untuk menghitung jari-jari lingkaran jika diketahui keliling lingkaran sebesar 628 cm, kita dapat menggunakan rumus berikut:

RumusKeliling lingkaran = 2πr
Diketahui keliling lingkaran = 628 cm

Kita ingin mencari nilai r (jari-jari) dari lingkaran tersebut. Untuk itu, kita dapat memecahkan persamaan di atas dengan cara berikut:

  1. Bagi kedua ruas dengan 2π: Keliling lingkaran/2π = r
  2. Substitusikan dengan nilai keliling lingkaran yang diketahui: 628/2π = r
  3. Hitung nilai r menggunakan kalkulator: r = 100 cm

Jadi, lingkaran yang memiliki keliling 628 cm memiliki jari-jari sebesar 100 cm.

Contoh Soal:

Sebuah lingkaran mempunyai keliling 628 cm. Hitunglah jari-jari lingkaran tersebut.

Jawaban:

Langkah 1: Keliling lingkaran/2π = r

Langkah 2: 628/2π = r

Langkah 3: r = 100 cm

Jadi, jari-jari lingkaran tersebut adalah 100 cm.

Contoh Perhitungan

Berikut ini adalah contoh perhitungan untuk mencari nilai jari-jari lingkaran yang memiliki keliling sebesar 628 cm:

LangkahKeteranganRumusHasil
1Tentukan nilai keliling lingkaran628 cm
2Gunakan rumus keliling lingkaranKeliling lingkaran = 2πr
3Ganti nilai keliling lingkaran dengan 628 cm628 = 2πr
4Sederhanakan persamaanr = 628 / (2π)r = 99,97 cm

Dari contoh perhitungan di atas, didapatkan nilai jari-jari lingkaran sebesar 99,97 cm jika memiliki keliling sebesar 628 cm.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan bahwa untuk menghitung jari-jari lingkaran yang mempunyai keliling sebesar 628 cm, kita perlu menggunakan rumus keliling lingkaran yang sama dengan 2πr. Konsep dasar lingkaran juga telah dijelaskan, termasuk cara mencari nilai jari-jari jika diketahui kelilingnya. Langkah-langkah atau formula matematika untuk menghitung jari-jari lingkaran telah dijelaskan dengan rinci, dan contoh perhitungan diberikan untuk memberi gambaran yang lebih jelas.

Dalam melakukan perhitungan, pastikan untuk menggunakan rumus yang benar dan nilai yang tepat agar hasilnya akurat. Referensi atau sumber dapat diperiksa lebih lanjut untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam mengenai rumus keliling lingkaran dan cara menghitung jari-jari lingkaran. Dengan mengetahui cara menghitung jari-jari lingkaran dari keliling, kita dapat menggunakan informasi tersebut untuk berbagai keperluan di kehidupan sehari-hari, seperti dalam perhitungan geometri atau pembuatan lingkaran pada berbagai objek.

Originally posted 2023-08-03 07:00:02.