Hitung Luas Persegi dari Keliling 64 cm | Cara Mudah Menghitung Luas Persegi

Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana cara menghitung luas persegi dengan diketahui kelilingnya sebesar 64 cm. Selain itu, akan disertakan rumus untuk menghitung luas persegi serta beberapa contoh soal untuk memperjelas konsep ini.

Persegi merupakan salah satu bangun datar yang paling sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengetahui luas dari persegi, dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan diketahui kelilingnya.

Definisi Luas Persegi

Sebelum mempelajari cara menghitung luas persegi, perlu untuk memahami terlebih dahulu definisi dari luas persegi. Luas persegi adalah ukuran bidang dua dimensi yang menggambarkan seberapa banyak luas yang dimiliki oleh bangun persegi. Sebagai contoh, jika sebuah persegi memiliki sisi sepanjang 4 cm, maka luas persegi tersebut adalah 16 cm2.

Sifat-sifat luas persegi:

  • Luas persegi selalu positif.
  • Luas persegi berkaitan dengan kuadrat sisi.
  • Jika salah satu sisi dalam suatu persegi diperbesar atau diperkecil, maka luasnya juga akan berubah.

Secara matematis, rumus luas persegi adalah sisi pangkat dua atau sisi dikalikan sisi:

Rumus Luas Persegi
L = s2

Di mana:
L = luas persegi
s = panjang sisi persegi

Rumus Luas Persegi

Setelah mengetahui definisi luas persegi, selanjutnya kita perlu tahu rumus untuk menghitung luas dari persegi. Rumus luas persegi adalah sisi pangkat dua atau sisi dikalikan sisi. Dalam matematika, simbol luas persegi digambarkan sebagai sisi persegi yang dikuadratkan. Jadi, jika sisi persegi adalah s, maka luas persegi (L) adalah:

L = s2

Selain itu, ada beberapa sifat-sifat luas persegi yang perlu diketahui, seperti:

Sifat Luas PersegiPenjelasan
Hubungan dengan diagonalDiagonal persegi (d) dapat dihitung dengan menggunakan rumus Pythagoras dan sisi persegi (s). Rumusnya adalah: d = s√2. Jadi, jika diketahui diagonal (d), maka luas persegi dapat dihitung dengan rumus L = (d2)/2.
Hubungan dengan kelilingKeliling persegi (k) dapat dihitung dengan sisi persegi (s) menggunakan rumus k = 4s. Jadi, jika diketahui keliling (k), maka sisi persegi (s) dapat dihitung dengan rumus s = k/4. Setelah mendapatkan sisi persegi, luas persegi dapat dihitung menggunakan rumus L = s2.
Luas persegi panjangLuas persegi panjang (Lpp) sama dengan luas persegi (L). Namun, persegi panjang memiliki sisi yang berbeda untuk panjang dan lebar, sedangkan persegi memiliki sisi yang sama untuk panjang dan lebar.

Cara Menghitung Luas Persegi dari Keliling.

Untuk menghitung luas persegi dengan diketahui kelilingnya sebesar 64 cm, kita perlu mengetahui terlebih dahulu rumus keliling persegi dan rumus luas persegi. Rumus keliling persegi adalah 4 x sisi, sedangkan rumus luas persegi adalah sisi x sisi atau sisi pangkat dua.

Dalam hal ini, kita sudah mengetahui keliling persegi sebesar 64 cm. Berdasarkan rumus keliling persegi, dapat kita ketahui bahwa 4 x sisi = 64. Dengan demikian, sisi dari persegi adalah 16 cm.

Selanjutnya, kita dapat menghitung luas persegi dengan menggunakan rumus luas persegi yang sudah diketahui. Luas persegi adalah sisi x sisi atau 16 cm x 16 cm = 256 cm persegi.

Contoh Soal:

Jika keliling persegi adalah 48 cm, berapa luas dari persegi tersebut?

Pertama-tama, kita perlu mencari sisi dari persegi dengan menggunakan rumus keliling persegi, yaitu 4 x sisi = 48. Dengan demikian, sisi dari persegi tersebut adalah 12 cm. Selanjutnya, kita dapat menghitung luas persegi dengan menggunakan rumus luas persegi, yaitu sisi x sisi atau 12 cm x 12 cm = 144 cm persegi.

Perbandingan Luas Persegi dengan Bangun Datar Lainnya dan Aplikasinya dalam Kehidupan Sehari-hari.

Selain luas persegi, terdapat banyak bangun datar lainnya yang memiliki bidang luas. Dalam perbandingannya, luas persegi memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan bangun datar lainnya.

Bangun DatarKelebihanKekurangan
Segitiga
  • Memiliki fleksibilitas yang tinggi dalam mengubah besar sudut dan panjang sisi
  • Dapat diterapkan dalam bentuk jajar genjang untuk memperluas daerah bidang
  • Luar biasa sulit dalam proses perhitungan
  • Memiliki bentuk yang tak beraturan
Trapesium
  • Dapat menghasilkan bidang yang mirip dengan segitiga, tetapi lebih mudah dalam perhitungan
  • Dapat diperluas menjadi bentuk persegi panjang
  • Memiliki bentuk yang tak beraturan
Lingkaran
  • Memiliki bidang paling besar dibandingkan dengan bangun datar lainnya
  • Dapat digunakan untuk menghitung luas permukaan bola
  • Tidak dapat dibagi menjadi bentuk reguler
  • Sulit dalam proses perhitungan tanpa menggunakan rumus yang tepat

Di sisi lain, luas persegi memiliki banyak aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh penerapannya adalah dalam menghitung luas lantai atau dinding sebuah rumah atau gedung. Dengan mengetahui luas persegi dari lantai atau dinding, kita dapat memperkirakan jumlah bahan yang dibutuhkan untuk menutupinya.

“Luas persegi juga dapat digunakan untuk menghitung jumlah tanaman yang dapat ditanam di dalam sebuah areal tanah. Hal ini bermanfaat bagi petani atau tukang kebun dalam merencanakan penanaman.”

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Luas Persegi.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang luas persegi:

Apakah luas persegi bisa lebih besar dari kelilingnya?

Tidak mungkin. Karena keliling persegi adalah jumlah panjang keempat sisinya, sedangkan luas persegi adalah hasil kali antara sisi-sisi tersebut.

Apakah luas persegi sama dengan luas persegi panjang?

Tidak. Meskipun keduanya menghitung bidang dua dimensi, luas persegi hanya memperhitungkan satu ukuran sisi, sementara luas persegi panjang memperhitungkan dua ukuran sisi (panjang dan lebar).

Bagaimana cara menghitung luas persegi jika hanya diketahui panjang sisinya?

Untuk menghitung luas persegi, cukup mengalikan panjang sisi dengan dirinya sendiri. Rumusnya adalah: sisi x sisi = luas.

Apakah ada cara lain untuk menghitung luas persegi selain rumus sisi x sisi?

Ada beberapa cara lain untuk menghitung luas persegi, tergantung dari informasi yang kita miliki. Misalnya, jika diketahui diagonal persegi, dapat menggunakan rumus 1/2 x diagonal persegi pangkat dua.

Apa aplikasi dari menghitung luas persegi dalam kehidupan sehari-hari?

Kita dapat menggunakan konsep luas persegi untuk menghitung luas lantai, dinding, atau bidang lainnya. Misalnya, ketika kita ingin mengecat dinding, kita perlu menghitung berapa banyak cat yang dibutuhkan berdasarkan luas dinding.

Bagaimana cara menghitung luas persegi dari keliling?

Untuk menghitung luas persegi dari keliling, pertama-tama kita perlu menghitung panjang sisi persegi terlebih dahulu dengan cara membagi keliling persegi dengan 4. Setelah itu, baru dapat menghitung luas persegi dengan rumus sisi x sisi.

Apakah luas persegi sama dengan luas segitiga?

Tidak. Luas segitiga dihitung dengan rumus 1/2 x alas x tinggi, sedangkan luas persegi dihitung dengan rumus sisi x sisi.

Bagaimana cara menghitung luas persegi jika hanya diketahui kelilingnya?

Untuk menghitung luas persegi jika hanya diketahui kelilingnya, pertama-tama kita perlu menghitung panjang sisi persegi seperti yang dijelaskan sebelumnya. Setelah itu, baru dapat menghitung luas persegi dengan rumus sisi x sisi.

Originally posted 2023-06-23 09:10:25.