Latihan Contoh Soal Luas Lingkaran dan Jawabannya Kelas 6

Selamat datang di latihan soal matematika mengenai luas lingkaran dan jawabannya untuk siswa kelas 6. Melalui latihan di bagian ini, siswa akan mempelajari rumus luas lingkaran dan bagaimana menghitungnya dengan praktis. Setiap contoh soal dilengkapi dengan jawaban agar siswa mudah memahami cara penyelesaiannya. Dengan latihan ini, siswa bisa meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam menghitung luas lingkaran. Yuk, mulai latihan Contoh Soal Luas Lingkaran dan Jawabannya kelas 6 sekarang juga!

Rumus Luas Lingkaran

Jika Anda ingin menghitung luas sebuah lingkaran, rumus luas lingkaran adalah:

Luas = π x r2

Di mana r adalah jari-jari lingkaran dan π (pi) adalah sebuah konstanta matematis yang sama dengan 3,14. Dengan menggunakan rumus ini, Anda dapat menghitung luas lingkaran dengan benar.

Contoh Soal Menghitung Luas Lingkaran

Berikut ini adalah beberapa contoh soal yang akan menguji pemahaman Anda dalam menghitung luas lingkaran:

SoalPenjelasanJawaban
Jika diameter lingkaran adalah 14 cm, hitunglah luas lingkaran!Maka jari-jari lingkaran adalah 7 cm. Perhatikan rumus luas lingkaran: L = πr2. Substitusikan nilai jari-jari yang telah diketahui ke dalam rumus tersebut dan hitung dengan menggunakan nilai π = 22/7 atau 3,14.L = πr2 = 22/7 x 7 x 7 = 154 cm2
Jika luas lingkaran adalah 78,5 cm2, hitunglah diameter lingkaran!Perhatikan rumus luas lingkaran: L = πr2. Maka r2 = L/π. Substitusikan nilai L yang telah diketahui ke dalam rumus tersebut dan hitung nilai jari-jari. Kemudian, hitunglah nilai diameter dengan menggunakan rumus diameter = 2r.r2 = L/π = 78,5/3,14 = 25 cm2, r = √25 = 5 cm, diameter = 2r = 10 cm
Sebuah lingkaran memiliki luas 154 cm2. Hitunglah keliling lingkaran tersebut!Perhatikan rumus keliling lingkaran: K = 2πr. Substitusikan nilai jari-jari yang telah diketahui ke dalam rumus tersebut dan hitung dengan menggunakan nilai π = 22/7 atau 3,14.K = 2πr = 2 x 22/7 x 7 = 44 cm

Dengan mempelajari contoh soal di atas, diharapkan Anda dapat lebih memahami cara menghitung luas lingkaran dan menguasai rumus yang tepat. Selanjutnya, mari kita lanjutkan ke bagian selanjutnya untuk memahami pembahasan dari contoh soal di atas.

Pembahasan Contoh Soal Luas Lingkaran dan Jawabannya

Setelah melihat contoh soal sebelumnya, sekarang ini saatnya Anda untuk memeriksa jawabannya di bawah ini. Kami siap memberikan penjelasan yang jelas dan mendalam tentang setiap soal agar Anda dapat memahami konsep yang ada dengan baik.

Contoh SoalJawabanPembahasan
1. Hitunglah luas lingkaran dengan jari-jari 7 cm.153.94 cm2Kita dapat menggunakan rumus L = πr2. Sehingga luas lingkaran dengan jari-jari 7 cm adalah L = π(7)2 = 49π cm2. Kita juga bisa menggunakan nilai π = 3.14 sehingga L = 153.94 cm2.
2. Jika luas lingkaran adalah 78.5 cm2, maka tentukanlah jari-jarinya.5 cmKita dapat menggunakan rumus L = πr2. Sehingga 78.5 = πr2. Kemudian cari nilai r dengan menyelesaikan persamaan tersebut menjadi r = √(78.5/π) = 5 cm.

Pembahasan Contoh Soal Luas Lingkaran dan Jawabannya akan membantu Anda untuk memahami step-by-step cara menghitung luas lingkaran dan jawaban yang tepat. Selalu pastikan untuk melakukan perhitungan lebih dari satu kali agar hasil yang didapatkan benar dan sesuai.

Latihan Contoh Soal Luas Lingkaran dan Jawabannya

Berikut ini adalah beberapa latihan soal untuk membantu meningkatkan pemahaman Anda dalam menghitung luas lingkaran:

  1. Jari-jari sebuah lingkaran adalah 14cm. Berapakah luas lingkaran tersebut?
  2. Sebuah lingkaran memiliki keliling sepanjang 44 cm. Tentukanlah luas lingkaran tersebut.
  3. Sebuah lingkaran memiliki luas 154 cm2. Tentukanlah jari-jari lingkaran tersebut.
  4. Jari-jari sebuah lingkaran adalah 21 cm. Berapakah keliling lingkaran tersebut?
  5. Sebuah lingkaran memiliki keliling 88 cm. Tentukanlah jari-jari lingkaran tersebut.

Jawaban:

No.SoalJawaban
1Jari-jari sebuah lingkaran adalah 14cm. Berapakah luas lingkaran tersebut?Luas lingkaran = π x r2 = 22/7 x 14 x 14 = 616 cm2
2Sebuah lingkaran memiliki keliling sepanjang 44 cm. Tentukanlah luas lingkaran tersebut.Jari-jari lingkaran = 44 / (2 x 22/7) = 7 cm
Luas lingkaran = π x r2 = 22/7 x 7 x 7 = 154 cm2
3Sebuah lingkaran memiliki luas 154 cm2. Tentukanlah jari-jari lingkaran tersebut.Jari-jari lingkaran = √(Luas lingkaran / π) = √(154 / 22/7) = 7 cm
4Jari-jari sebuah lingkaran adalah 21 cm. Berapakah keliling lingkaran tersebut?Keliling lingkaran = 2 x π x r = 2 x 22/7 x 21 = 132 cm
5Sebuah lingkaran memiliki keliling 88 cm. Tentukanlah jari-jari lingkaran tersebut.Jari-jari lingkaran = Keliling lingkaran / (2 x π) = 88 / (2 x 22/7) = 7 cm

Dengan mengerjakan latihan soal di atas, Anda diharapkan bisa lebih mahir dalam menghitung luas lingkaran. Latihan terus menerus akan membantu meningkatkan kemampuan matematika Anda.

Soal Ulangan Matematika Lingkaran Kelas 6

Berikut adalah beberapa contoh soal ulangan matematika tentang lingkaran untuk siswa kelas 6:

  1. Sebuah roda memiliki diameter 60 cm. Hitunglah luas roda tersebut!
  2. Sebuah bola memiliki jari-jari 7 cm. Hitunglah luas permukaan bola tersebut!
  3. Sebuah ember berbentuk tabung memiliki diameter 20 cm dan tinggi 30 cm. Hitunglah berapa liter air yang dapat ditampung oleh ember tersebut!
  4. Sebuah sobekan kain berbentuk lingkaran memiliki jari-jari 14 cm. Hitunglah berapa panjang sisi sobekan kain tersebut!
  5. Sebuah taman berbentuk lingkaran memiliki diameter 50 m. Hitunglah berapa luas taman tersebut!

Latihan soal ulangan matematika tentang lingkaran ini dapat membantu meningkatkan kemampuan Anda dalam menghitung luas lingkaran serta menghadapi ulangan matematika dengan lebih percaya diri. Selamat belajar!

Latihan Soal Lingkaran dan Jawabannya

Bagian ini merupakan bonus latihan soal yang dapat membantu Anda menguji pemahaman dalam menghitung luas lingkaran serta mengevaluasi kemampuan Anda dalam menerapkan konsep matematika yang telah dipelajari. Seluruh soal pada bagian ini khusus disusun bagi siswa kelas 6. Setiap soal dilengkapi dengan jawabannya sehingga memudahkan Anda dalam memeriksa pekerjaan Anda.

  1. Berapakah luas lingkaran dengan jari-jari sepanjang 7 cm?
  2. Jika keliling lingkaran adalah 44 cm, berapakah jari-jari dari lingkaran tersebut?
  3. Hitunglah luas lingkaran dengan diameter sepanjang 12 cm!
  4. Jika luas lingkaran 124,02 cm², berapakah panjang jari-jarinya?
  5. Jika jari-jari lingkaran adalah 10,5 cm, berapakah luas lingkaran tersebut?

Cara Menghitung Luas Lingkaran

Luas lingkaran adalah ukuran bidang datar yang dikelilingi oleh lingkaran. Untuk menghitung luas lingkaran, Anda perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Tentukan jari-jari lingkaran (r), yaitu jarak antara pusat lingkaran dan titik di tepi lingkaran.
  2. Gunakan rumus luas lingkaran yaitu L = π r2.
  3. Masukkan nilai r yang telah Anda tentukan pada rumus tersebut.
  4. Hitung hasil dari rumus tersebut dengan mengalikan nilai π dengan r pangkat 2.

Contoh:

Jika jari-jari lingkaran adalah 7 cm, maka:

L = π x 72

L = 22/7 x 49

L = 154 cm2

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menghitung luas lingkaran dengan mudah. Terus berlatih dan uji kemampuan Anda dengan latihan soal yang telah disediakan.