Latihan Contoh Soal Lingkaran Kelas Delapan SMP – Cermat Belajar

Anda sedang mencari Contoh Soal Lingkaran Kelas Delapan SMP? Artikel ini akan memberikan berbagai contoh soal, materi, rumus, dan latihan soal lingkaran agar Anda dapat lebih memahami konsep lingkaran dengan baik. Dengan belajar materi ini, Anda akan bisa meningkatkan keterampilan Anda dalam menyelesaikan soal-soal lingkaran, serta mempersiapkan diri untuk ujian.

Salah satu kunci sukses dalam menghadapi soal-soal lingkaran kelas 8 SMP adalah dengan mempraktekkan contoh soal lingkaran. Dalam bagian ini, Anda akan mempelajari konsep dasar, rumus, dan contoh soal tentang lingkaran kelas 8 SMP yang akan membantu Anda memahami konsep ini dengan lebih baik.

Artikel ini akan membantu Anda mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian sekaligus meningkatkan pengetahuan Anda mengenai lingkaran.

Jadi, mari belajar bersama tentang lingkaran kelas 8 SMP!

Materi Lingkaran Kelas 8 SMP

Bagian ini akan memberikan pemaparan tentang materi lingkaran yang diajarkan di kelas 8 SMP. Adapun rincian materi lingkaran yang akan Anda pelajari meliputi:

  1. Radius: jarak antara titik pusat lingkaran dan titik pada lingkaran
  2. Diameter: jarak dari satu titik pada lingkaran ke titik yang berlawanan pada lingkaran, melalui pusat lingkaran
  3. Keliling: total panjang dari lingkaran
  4. Luas: jumlah ruang di dalam lingkaran

Pemahaman yang kuat mengenai materi lingkaran ini penting untuk dapat menyelesaikan soal-soal lingkaran dengan baik. Berikut adalah tabel singkat yang menyajikan rumus-rumus dasar lingkaran:

No.Nama RumusRumus
1Keliling LingkaranK = 2 x π x r atau K = π x d
2Luas LingkaranL = π x r x r atau L = 1/4 x π x d x d

Anda akan mempelajari rumus-rumus tersebut secara mendalam di bagian berikutnya.

Rumus Lingkaran Kelas 8 SMP

Rumus-rumus lingkaran memegang peranan penting dalam mempelajari konsep lingkaran. Dalam lingkaran, terdapat dua rumus yang paling sering digunakan yaitu rumus keliling dan rumus luas. Penjelasan mengenai rumus-rumus tersebut akan diuraikan secara mendetail di bawah ini:

Nama RumusRumusKeterangan
KelilingK = 2πr atau K = πdK = Keliling Lingkaran, r = Jari-Jari Lingkaran, d = Diameter Lingkaran, dan π (pi) = 22/7 atau 3,14
LuasL = πr2L = Luas Lingkaran, r = Jari-jari Lingkaran, dan π (pi) = 22/7 atau 3,14

Penerapan rumus-rumus tersebut sangat penting dalam menyelesaikan soal-soal lingkaran. Latihan yang terus menerus dalam menggunakan rumus-rumus lingkaran tersebut akan membantu Anda menguasai konsep tersebut dengan baik.

Contoh Soal Lingkaran Kelas Delapan SMP

Di bagian ini, Anda akan menemukan beragam contoh soal mengenai lingkaran kelas 8 SMP. Soal-soal tersebut akan meliputi berbagai konsep dan menggunakan rumus-rumus yang telah dipelajari sebelumnya. Berikut adalah beberapa contoh soal tentang lingkaran kelas 8:

SoalPembahasan
Sebuah lingkaran memiliki diameter 14 cm. Tentukan keliling lingkaran!Keliling lingkaran dihitung dengan rumus K = 2 x π x jari-jari. Karena diameter 14 cm, maka jari-jari lingkaran adalah 7 cm. Selanjutnya, substitusikan nilai jari-jari ke dalam rumus K = 2 x π x r.
Sebuah lingkaran memiliki jari-jari 10 cm. Tentukan luas lingkaran!Luas lingkaran dihitung dengan rumus L = π x r x r. Jari-jari lingkaran adalah 10 cm, maka substitusikan nilai r ke dalam rumus L = π x r x r.
Diketahui keliling lingkaran adalah 44 cm. Tentukan jari-jari lingkaran!Keliling lingkaran dihitung dengan rumus K = 2 x π x r. Untuk mencari jari-jari, kita harus mencari r. Jadi, substitusikan nilai K ke dalam rumus tersebut, kemudian bagi hasilnya dengan 2π.

Dengan mengerjakan contoh soal di atas, Anda dapat memperdalam pemahaman Anda tentang konsep lingkaran kelas 8 SMP dan meningkatkan keterampilan dalam menyelesaikan soal-soal lingkaran kelas 8. Setiap contoh soal akan disertai dengan pembahasan yang komprehensif untuk membantu Anda memahami cara penyelesaiannya.

Latihan Soal Lingkaran Kelas 8 SMP

Untuk menguji pemahaman Anda tentang materi lingkaran kelas 8 SMP, berikut adalah beberapa latihan soal yang disiapkan. Soal-soal ini dirancang untuk mengasah keterampilan Anda dalam menerapkan rumus-rumus lingkaran dan menganalisis berbagai situasi yang melibatkan lingkaran. Silakan kerjakan soal-soal di bawah ini dengan sungguh-sungguh dan periksa kembali jawaban Anda setelah selesai mengerjakan:

Latihan SoalKunci Jawaban
  1. Sebuah lingkaran memiliki keliling 66 cm. Hitunglah jari-jari lingkaran tersebut!
  2. Hitunglah luas daerah yang dilingkupi oleh lingkaran berikut dengan diameter 14 cm!
  3. Dalam sebuah lapangan bola, lingkaran yang menggambarkan garis tengah bola tersebut memiliki panjang 44 meter. Hitunglah luas lapangan bola tersebut!
  1. Jari-jari lingkaran tersebut adalah 10,5 cm.
  2. Luas daerah yang dilingkupi oleh lingkaran tersebut adalah 153,94 cm2.
  3. Luas lapangan bola tersebut adalah 1520,53 m2.

Pastikan Anda sudah memahami rumus-rumus lingkaran dengan baik sebelum mengerjakan latihan soal ini. Setelah selesai mengerjakan soal, Anda dapat melihat kunci jawaban untuk mengoreksi jawaban Anda. Semoga latihan ini dapat membantu memperkuat pemahaman Anda tentang konsep lingkaran. Selamat mengerjakan!

Pembahasan Contoh Soal Lingkaran Kelas Delapan SMP

Setelah Anda mencoba mengerjakan contoh soal dan latihan soal lingkaran, sekarang saatnya untuk memeriksa jawaban Anda. Berikut adalah pembahasan lengkap untuk setiap soal lingkaran kelas 8 SMP:

Contoh Soal 1:

Diketahui sebuah lingkaran memiliki keliling 44 cm. Tentukanlah panjang jari-jari lingkaran tersebut!

Jawaban:

Rumus keliling lingkaran adalah K = 2πr, dengan r adalah jari-jari lingkaran. Oleh karena itu, kita dapat menyelesaikan soal ini dengan mengganti nilai K menjadi 44 dan π menjadi 22/7 (atau 3,14).

44 = 2 x 22/7 x r

22 = 22/7 x r

r = 7 cm

Jadi, panjang jari-jari lingkaran tersebut adalah 7 cm.

Contoh Soal 2:

Sebuah roda sepeda memiliki diameter 70 cm. Berapa luasnya jika diketahui nilai π = 3,14?

Jawaban:

Rumus luas lingkaran adalah L = πr2, dengan r adalah jari-jari lingkaran. Karena yang diketahui adalah diameter, maka kita perlu membagi nilainya dengan 2 untuk mendapatkan nilai jari-jarinya.

jari-jari = diameter/2 = 70/2 = 35 cm

Luas = 3,14 x 352 = 3,14 x 1225 = 3848,5 cm2

Jadi, luas roda sepeda tersebut adalah 3848,5 cm2.

Contoh Soal 3:

Sebuah lingkaran memiliki jari-jari sebesar 14 cm. Hitunglah keliling lingkaran tersebut!

Jawaban:

Rumus keliling lingkaran adalah K = 2πr, dengan r adalah jari-jari lingkaran.

K = 2 x 3,14 x 14 = 87,92 cm

Jadi, keliling lingkaran tersebut adalah 87,92 cm.

Dengan mempelajari pembahasan Contoh Soal Lingkaran Kelas Delapan SMP di atas, Anda dapat mengasah kemampuan Anda dalam menyelesaikan soal-soal lingkaran yang lebih kompleks dan meningkatkan pemahaman Anda tentang konsep lingkaran secara keseluruhan.