Latihan Contoh Soal Koordinat Kartesius Kelas Delapan

Bagian ini akan membahas mengenai Contoh Soal Koordinat Kartesius Kelas Delapan. Kami akan menjelaskan materi dasar mengenai koordinat kartesius dan memberikan pengertian yang jelas mengenai materi koordinat kartesius kelas 8.

Latihan soal yang tersedia di bagian ini akan membantu meningkatkan pemahaman terhadap materi koordinat kartesius kelas 8. Dalam latihan soal, Anda akan menemukan contoh soal matematika kelas 8 yang sesuai dengan kurikulum dan tema “Contoh Soal Koordinat Kartesius Kelas Delapan”.

Latihan soal ini akan mengajarkan Anda cara menerapkan konsep koordinat kartesius dalam situasi nyata dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang materi koordinat kartesius secara keseluruhan.

Pembelajaran Contoh Soal Koordinat Kartesius Kelas Delapan

Pada bagian ini, Anda akan diajarkan mengenai dasar-dasar koordinat kartesius. Koordinat kartesius merupakan sistem koordinat matematika yang digunakan untuk menggambarkan posisi suatu titik pada bidang datar. Untuk mempelajari koordinat kartesius, langkah pertama yang harus diambil adalah memahami sumbu-x dan sumbu-y serta titik pusatnya atau biasa disebut titik origin.

Langkah selanjutnya adalah mempelajari cara menentukan koordinat suatu titik pada bidang kartesius. Koordinat suatu titik pada bidang kartesius terdiri dari nilai koordinat x dan nilai koordinat y. Ketika keduanya digabungkan, maka akan terbentuk pasangan nilai (x,y), yang disebut sebagai titik koordinat suatu titik pada bidang kartesius.

Untuk memudahkan pembelajaran, berikut adalah langkah-langkah dalam menentukan koordinat suatu titik pada bidang kartesius:

  1. Tentukan titik pusat (origin) pada bidang kartesius.
  2. Tentukan sumbu-x dan sumbu-y pada bidang kartesius.
  3. Tentukan nilai koordinat x suatu titik dengan mengukur jarak titik tersebut ke sumbu-x.
  4. Tentukan nilai koordinat y suatu titik dengan mengukur jarak titik tersebut ke sumbu-y.
  5. Gabungkan nilai koordinat x dan y menjadi pasangan nilai (x,y), yang merupakan koordinat suatu titik pada bidang kartesius.

Dengan memahami dasar-dasar koordinat kartesius dan langkah-langkah dalam menentukan koordinat suatu titik, Anda akan dapat mempelajari materi yang lebih lanjut dan menyelesaikan berbagai macam soal koordinat kartesius dengan mudah.

Soal Cerita Koordinat Kartesius

Simak contoh soal cerita yang mengasah kemampuan Anda dalam menerapkan konsep koordinat kartesius pada situasi kehidupan sehari-hari:

No.Soal
1Pak Budi ingin pergi ke pasar dengan arah 225 derajat dari rumahnya. Jika rumah Pak Budi berada di titik (-5, 3) pada koordinat kartesius, maka di titik mana pasar tersebut berada?

  1. (3, -5)
  2. (-3, -5)
  3. (-5, -3)
  4. (-5, 3)
2Zara sedang berada di titik (7, -2) di koordinat kartesius. Dia ingin pergi ke titik yang memiliki koordinat X sama dengan miliknya dan koordinat Y 2 kali lebih besar dari miliknya. Di titik mana Zara berada setelah bergerak?

  1. (-2, 2)
  2. (7, 2)
  3. (-2, -4)
  4. (7, -4)
3Seorang nelayan berada di titik A (-4, 5) di lautan dan menemukan barang yang dia cari di titik B (2, -7). Berapakah jarak yang harus ditempuh oleh nelayan tersebut untuk menuju titik B?

  1. 15 satuan
  2. 13 satuan
  3. 12 satuan
  4. 10 satuan

Dengan mengerjakan berbagai soal di atas, Anda akan semakin terbiasa dan mahir dalam menerapkan koordinat kartesius pada situasi nyata. Selanjutnya, silakan beralih ke bagian latihan soal untuk menguji pemahaman Anda.

Latihan Soal Koordinat Kartesius

Berikut adalah beberapa contoh soal latihan koordinat kartesius kelas 8 untuk meningkatkan pemahaman Anda dalam materi ini dan sebagai contoh soal matematika yang sesuai dengan kurikulum kelas 8:

NoSoalJawaban
1Pada koordinat kartesius, letakkan titik A pada koordinat (5, 3). Tentukan kuadran dari titik A!Kuadran 1
2Tentukan koordinat dari titik C, jika diketahui letaknya berada di kuadran 3 dan titik tengah dari segmen AB.(-2, -7)
3Tentukan jarak antara titik P(-2, 5) dengan titik Q(3, 1) pada koordinat kartesius.sqrt(29)

Latihan soal tersebut memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda sehingga Anda bisa mengasah kemampuan matematika Anda secara bertahap. Semoga latihan ini bermanfaat dan membantu Anda memahami konsep koordinat kartesius dengan lebih baik.

Soal Koordinat Kartesius dan Pembahasannya

Di bawah ini adalah beberapa Contoh Soal Koordinat Kartesius Kelas Delapan beserta pembahasannya:

NoSoalPembahasan
1Pada koordinat kartesius, titik A terletak pada koordinat (-3, 4) dan titik B terletak pada koordinat (5, -2). Hitunglah jarak antara titik A dan titik B.Langkah 1: Hitung selisih x, y
xB – xA = 5 – (-3) = 8
yB – yA = (-2) – 4 = -6
Langkah 2: Hitung jarak menggunakan rumus Pythagoras
AB = √(8² + (-6)²) = √(64 + 36) = √100 = 10
Jadi, jarak antara titik A dan titik B adalah 10 satuan.
2Titik P terletak pada kuadran mana jika koordinatnya (8, -6)? Jelaskan!Karena koordinat x bernilai positif dan koordinat y bernilai negatif, maka titik P terletak pada kuadran ke-IV. Kuadran ke-IV merupakan kuadran dengan koordinat x positif dan koordinat y negatif.
3Jika titik Q terletak pada koordinat (3, y), dan jarak titik Q ke titik P(5, 1) adalah 5 satuan, tentukanlah nilai y.Langkah 1: Hitung selisih y
y – 1 = ±√[(3 – 5)² + (y – 1)²]
y – 1 = ±√4 + (y – 1)²
y – 1 = ±2 + y² – 2y + 1
y² – 2y – y + 2 = 0
y² – 3y + 2 = 0
Langkah 2: Selesaikan persamaan kuadratik
(y – 1)(y – 2) = 0
y = 1 atau y = 2.
Namun, jika kita menggunakan rumus jarak, hasilnya selalu positif, sehingga y ≠ 1. Maka, hasil akhirnya y = 2.

Dengan pembahasan di atas, diharapkan Anda dapat lebih memahami konsep koordinat kartesius dan meningkatkan kemampuan matematika kelas 8 Anda.

Contoh Soal Matematika Kelas 8

Bagian ini berisi beberapa contoh soal matematika kelas 8 yang berkaitan dengan koordinat kartesius. Latihan di bagian ini akan membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan Anda dalam matematika secara keseluruhan.

Berikut adalah contoh soal matematika kelas 8 tentang koordinat kartesius:

1. Tentukan koordinat titik A pada gambar di bawah ini!

Jawaban:
Titik A memiliki koordinat (-2, 3).

2. Tentukan koordinat titik B pada gambar di bawah ini!

Jawaban:
Titik B memiliki koordinat (-4, -2).

3. Tentukan koordinat titik C pada gambar di bawah ini!

Jawaban:
Titik C memiliki koordinat (5, -3).

Demikianlah beberapa contoh soal matematika kelas 8 yang berkaitan dengan koordinat kartesius. Latihan di bagian ini akan membantu Anda memperoleh pemahaman yang lebih baik dan mempersiapkan Anda untuk menghadapi evaluasi.